Preview Sale BBW Books Medan 2018, Pembukaan Bazzar Buku Terbesar di Kota Medan

bbw2

 

Tanggal 1 November kemarin secara khusus aku dapat kesempatan buat datang ke Preview Sale salah satu Bazzar Buku dari Big Bad Wolf Books, Big Bad Wolf Books adalah salah satu bazzar terbesarbuku import yang pernah diadakan di Kota Medan. Kota Medan adalah salah satu Kota baru yang didatangi oleh Big Bad Wolf Books. Sebelumnya BBW Books mengadakan bazzar buku ini dua kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya.

Aku sendiri tahu tentang event BBW Books ini sudah dari satu tahun lalu, namun karena keterbatasan ongkos untuk pergi ke luar pulau lain dan belum lagi ketika berbelanja buku aku termasuk orang yang tidak berpikir dua kali untuk menghabiskan dana banyak jika itu menyangkut soal buku, yah karena itu juga aku dapat julukan “Ratu Hedon” dari teman-temanku di klub buku. Jadi aku masih mengurungkan niat untuk pergi ke event BBW di Jakarta dan Surabaya sambil meratap iri dengan orang-orang yang berhasil belanja buku disana. Aku juga mulai mengikuti instagram @bbwbooks_id dari situ aku mendapatkan beragam inforasi serta penambahan buku-buku yang ingin ku jadikan wishlist untuk dibeli. Singkat cerita, karena seringnya berkomentar di Instagram, berharap jika BBW Books akan diadakan di Kota Medan akhirnya kabar gembira pun muncul, Big Bad Wolf Books membawa sarangnya ke Kota tercinta ku ini –Medan.

Aku mulai gencar mengumpulkan informasi tentang bagaimana persiapan untuk pergi ke Big Bad Wolf Books dan sekalian wishlist buku yang ingin kubeli disana, tentunya wishlist ku tidak sedikit..hehehe. Dari akun instagram BBW Books aku tahu ada pembagian tiket preview sale BBW Books, yaitu tiket masuk hari pertama untuk masuk ke event BBW Books. Aku tidak mau menyia-nyiakan kesempatan, kapan lagi bisa datang ke pembukaan hari pertama bazzar buku import terbesar di Kota Medan. Saat mulai mendaftar menjadi member BBW Books aku ingat aku sudah punya member namun karena saat itu ada kendala aku tidak bisa mendaftar untuk mendapatkan tiket preview sale itu, hati kecewa karena aku harus menunggu hari ketiga bazzar diadakan untuk pergi kesana karena belum bisa juga mendapatkan tiket preview sale sementara teman ku yang lain sudah bisa, ingin menangis tapi tak bisa akhirnya aku pasrah untuk datang pada hari ketiga saja. Lalu satu hari, saat aku sedang break time di kantor aku iseng membuka IG Story @bbwbooks_id dan aku melihat pemberitahuan kalau blogger atau vlogger bisa mendapatkan tiket preview sale dengan cara mendaftarkan alamat blog disertai NIK.

Aku kembali bersemangat, dan segera mendaftarkan alamat blog ku berharap semoga bisa mendapatkan tiket preview sale BBW Books. Satu hari sebelum hari-H, sebuah email dari Big Bad Wolf Books masuk ke notifikasi handphone ku buru-buru aku membukanya dan….AKU BERHASIL DAPAT TIKET PREVIEW SALE BBW BOOKS. Yah, terdengar lebay sih, tapi tetap saja senang.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jam setengah Sembilan pagi aku mulai datang ke Bekas Bandara Polonia disitulah BBW Books ini diadakan, ternyata ketika aku sampai di lokasi sudah banyak ibu-ibu, remaja, bapak-bapak, dan bahkan anak-anak balita yang ikut diajak oleh orang tuanya kesana. Aku menunggu bersama beberapa temanku, tapi sebelumnya aku pergi menukarkan tiket preview sale ku dengan salah satu crew BBW Books saat aku menunjukkan email ku mewakili sebagai blogger, “Untuk Blogger dapat dua tiket Preview Sale ya kak..” . Bagai menang undian aku merasa senang, padahal aku juga tahu sendiri untuk hari selanjutnya masuk ke event BBW Books ini gratis, tapi tetap saja rasanya senang sekali bisa mendapat dua tiket sekaligus.

bbw7bbw8

Setelah menukar tiket aku kembali ke antrian, tapi yang disayangkan antrian tidak begitu tertib dan saat kami mulai masuk kedalam saat mengambil troli aku terpaksa berebut dengan para ibu-ibu. Sebelum masuk sebaiknya semua makanan dan minuman dihabiskan, karena saat masuk kedalam pada Preview Sale tas diperiksa dan seluruh makanan dan minuman harus dititipkan pada meja depan di dekat satpam. Ya untuk hal itu memang harus dipatuhi, karena dengan membawa makanan dan minuman bisa mengotori area didalam bazzar buku, belum lagi tidak semua buku bersegel plastic wrap disana. Tidak mau kan melhat suasana penuh dengan sampah makanan/minuman didalam bazzar buku?

Begitu masuk kedalam, melihat buku-buku pada tiap setiap rak , rasanya aku melihat surga belanja yang tidak pernah ulihat sebelumnya. Aku berlari menuju bagian novel YA untuk melihat-lihat tumpukan buku-buku dengan cover cantik, lucu, dan HARD COVER. Yah, memang sulit dan jarang sekali untuk mendapatkan buku novel dengan hardcover. Tangan ku menyusuri buku-buku itu lalu teringat akan budget belanja yang telah kutentukan, aku pun hanya mengambil buku yang benar-benar ingin kubaca dan aku sudah tau pengarangnya. Jujur banyak sekali novel YA yang ingin kuambil dan ku masukkan ke troli belanja tapi aku tidak mau merusak budget belanja yang sudah kutentukan jauh-jauh hari . Jadilah hanya mengambil eberapa buku dan melanjutkan belanja ke bagian lainnya.

Di Big Bad Wolf Books ini, akan banyak kita temui buku cerita anak-anak dan berbagai permainan untuk anak-anak karena memang untuk memfokuskan minat baca bagi anak-anak, banyak juga para ibu-ibu tidak segan merogoh kocek lebih untuk membeli banyak bacaan edukasi untuk anak-anak mereka. Selain bacaan di BBW books ini juga menjual berbagai permainan edukasi untuk anak-anak jadi bagi yang mempunyai keponakan, atau anak bisa membeli berbagai permainan edukasi dengan harga terjangkau.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Selama berada disana ada rombongan anak sekolah yang ikut datang meramaikan hari pembukaan di BBW Books ini, mali dari rombongan anak SD, SMP sampai SMA juga datang pada hari Preview Sale BBW Books. Aku merasa mereka sangat beruntung bisa datang ke event seperti ini, selain untuk menumbuhkan minat baca anak-anak di Indonesia, event ini bisa mengenalkan lebih banyak cerita tentang buku-buku yang mereka belum pernah lihat sebelumnya. Aku contohnya, aku tidak pernah tahu begitu banyak tentang buku-buku mengenai transportasi, tapi di BBW Books aku melihat ada satu bagian penuh dengan buku jenis-jenis transportasi, karena sedikit sekali buku membahas tentang transportasi di beberapa toko buku yang sering kudatangi.

Ada satu hal yang membuatku kecewa saat preview sale BBW Books, para pembeli tidak tertib dalam mengambil buku. Aku bisa bilang begitu karena di hari preview sale saja sudah banyak buku yang tidak ditaruh pada tempatnya dan itu cukup menggangguku dalam mencari buku lain. Bagaimana perasaan mu ketika mencari buku incaranmu, tapi buku incaranmu tidak terlihat setelah kau kembali untuk mencek apa buku incaran mu ada, ternyata dia tersembunyi dibawah buku lain. Hal itu yang membuatku kesal karena aku harus berulang kali berkeliling dan membongkar setiap buku. Harusnya sebagai pembeli kita bisa meletakkan barang yang tidak jadi kita beli pada tempat semula agar orang lain tidak bingung dalam mencari. Peraturan ini sebenarnya memang diterapkan oleh pihak BBW Books, tetapi yah..banyak yang masih tidak mengindahkan  😦 .

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ah, setelah puas berkeliling melihat-lihat beberapa bagian tempat buku-buku incaranku tak terasa waktu sudah menunjukkan jam 3 sore dengan perut lapar ditambah rasa haus aku memutuskan untuk menyudahi acara belanja ku.  Aku pergi ke dekat tempat penjualan poster film dan hiasan kaleng bermotif vintage, aku lupa cerita kalau selain menjual buku-buku import BBW Books juga menjual berbagai poster film serta hiasan kaleng vintage, tidak lupa ada merchandise berupa kaos BBW Books yang lucu, andai uang ku cukup mungkin aku juga akan memborong merchandise dari BBW Books.

Salah satu yang perlu diperhatikan, sortir dan hitung semua belanjaan buku kalian. Serius, harus disortir apalagi kalian belanja untuk pribadi dan bukan menerima Jastip (Jasa Titip). Kenapa harus disortir? Yah, kalau kalian merasa uang kalian cukup, apalagi kalian hanya membawa uang cash dan tidak menggunakan kartu debit seperti ku pensortiran buku dan penghitungan harga sebelum masuk ke kasir ini PENTING. Aku menghitung semua belanjaan ku, ketika mencapai budget ku, beberapa buku yang aku rasa bisa kubeli lagi nanti aku kembalikan kepada tempat dimana buku itu berasal dan sesuai dengan susunannya. Lalu ketika mengantri di kasir, tolong sabar dan budayakan antri. Banyak dari kita tidak terbiasa dengan budaya sederhana itu. Saat di Preview Sale, aku sudah mengantisipasi hal ini karena sehari sebelum Preview Sale aku sempatkan untuk browsing dan banyak sekali cerita tentang lamanya mengantri pada hari Preview Sale di BBW Books. Aku berharap semoga itu tidak terjadi di Medan.

Harapanku bisa dibilang terkabul karena tidak perlu menunggu terlalu lama seperti cerita kebanyakan orang di Internet, aku hanya menunggu sekitar satu jam dengan sabar tentunya, karen antrian ku termasuk panjang namun cepat selesai tidak seperti cerit di Internet yang bilang mereka bisa dari sore sampai malam berada di BBW Books. Untungnya aku tidak mengalami hal itu, memang banyak dari mereka yang sebagai jastip dengan banyak belanjaan tapi aku rasa kasir-kasir di Medan terbilang cekatan dan cepat dalam melayani pembeli.

bbw28bbw29

Di tengah antrian aku berdiri diantara ibu-ibu yang membuka jastip mereka melirik troli penuhku lalu mengira aku sebagai jastip juga, aku balas dengan senyum tapi tidak kubilang kalau, “Bu, ini semua punya saya kok.” Tidak bisa kubayangkan mereka akan terkejut dengan keroyalan ku membeli buku. Akhirnya giliranku datang untuk membayar, disaat membayar siap ada beberapa buku yang menggunakan harga member, aku memberitahukan kepada kakak penjaga kasir kalau aku adalah salah satu member dan buku dengan label harga warna kuning ku seperti buku “Sleeping Beauties-Stephen King” dikenakan diskon, beruntung sekali buku setebal itu bisa kubeli dengan harga murah. Saat selesai belanja aku minta semua buku belanjaan ku dikarduskan untuk menghindari susahnya dalam membawa buku-buku itu menggunakan kantong plastik. Kakak kasir yang baik pun, mencarikan kotak, dan itu tidak dikenakan biaya lagi.

bbw21

Alhasil aku pulang dengan sekotak penuh buku dan satu plastik sedang berisi buku juga. Sebelum keluar dari BBW Books, siapkan struk belanjaan kalian tadi karena saat keluar itu akan diperiksa kembali oleh security.

Pengalaman ku belanja di Preview Sale BBW Books, sangat menyenangkan dan untuk beberapa kekurangan lainnya aku rasa itu harus dimulai juga dari kita sendiri sebagai pembeli.

Semoga Big Bad Wolf Books masih akan mengadakan event ini tahun depan di Kota Medan lagi 🙂 . Sedikit pengalamanku saat berbelanja di hari Preview Sale Big Bad Wolf Books, Event ini akan berakhir tanggal 12 November nanti jadi… Aku tunggu kedatangan Sarang Serigala mu lagi ya BBW Books.. So Auuuusome !! 😀

 

kimskimisignature

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s