KL Trip Experience-Day 1

kltrip

Alohaaa~

16

Akhirnya setelah mengalami hari panjang bisa meluangkan sedikit waktu buat blog yang baru seumur jagung ini. Berusaha buat keep resolution sih dia awal Januari ini, “Gak malas nulis diblog lagi”. Jangan sampe kayak blog sebelah yang jarang diisi, walaupun aku juga tau kalau blog itu khusus untuk fanfiksi-fanfiksi tapi udah jalan hampir lima tahun juga lah.. Wow daebak!!

Nah, karena kemaren sempat bilang pengen ngeshare tentang pengalaman jalan-jalan di KL sekaligus belajar juga sih sebenernya..seenggaknya ada sedikit pengalaman perjalanan yang mau kubagi buat para pembaca semua.

Dimulai dari hari pertama, tepatnya pas tanggal 9 Januari subuh-subuh aku mulai berangkat dari rumah diantar oleh orang tua tersayang. Dan aku gak tidur sama sekali karena excited ikut study tour dari kampus ke KL, sampai di bandara langsung kumpul sama rombongan lalu check-in dan akhirnya terbang menuju Kuala Lumpur-Malaysia.

Memang bukan pengalaman pertama pergi keluar negeri, tapi buat ke Kuala Lumpur sendiri, ini yang pertama kalinya buatku. Jadi ngerasa excited pengen tahu apa bedanya bandara di Kuala Lumpur-Malaysia sama di Penang-Malaysia (maafkan keinginan ku yang absurd ini “-_-).

Kami tiba di bandara Kuala Lumpur jam setengah 9 pagi. Dan lumayan amaze liat suasana bandara Kuala Lumpur yang aku bandingin sih lebih besar dari bandara di Penang. Cuaca di di KL saat itu panas banget, berasa sumpek apalagi pakai baju di dobel sama almamater kampus emo35.. yah tahu sendiri lah cuaca panas di Indonesia aja suka bikin mewek nah ini lebih panas lagi di KL.

Yang paling nyenenginnya, ketika mau ngambil bagasi… disambut sama LMH oppa~

img_20170109_085313Haduh..manisnya senyum mu itu mas~ emo25

 

Okay~ sebelum tergoda lebih jauh dengan mas LMH.. Setelah siap berbagai urusan di Bandara KL-Malaysia. Rombongan study tour kamipun, ngelanjutin perjalanan ke UPM (Universitas Putera Malaysia) Salah satu Universitas paling bergengsi di Malaysia. Cuma, sebelum kesana, kami singgah untuk makan di “Dengkil” .

img_20170109_114738

Di Dengkil ini, seperti semacam tempat perhentian buat bus-bus pariwisata. Konsep tempat makannya gak seperti yang ada di perhentian bus di Indonesia atau di kota Medan. Di Dengkil ini, kalau aku bilang sih konsepnya mirip foodcourt. Tersedia banyak pilihan tempat makan dan minum. Nah, sebagai pendatang dari negeri orang, aku coba makanan khasnya yaitu Nasi Kandar. Kalau soal rasa, aku paling suka kuah gulainya dipadu dengan lezatnya ayam tandoori.. (untuk foto tidak ada karena udah habis aku makan duluan sebelum difoto :D) .

img_20170109_114727

 

Perut kenyang, hatipun senang, dan mulai bertenaga kembali. Jadi perjalanan pun kita lanjutkan ke UPM.

img_20170109_133136

Bus rombongan study tour kami, langsung menuju fakultas yang kami tuju. Yaitu “Fakulti Bahasa Moden Dan Komunikasi” berhubung memang kami rombongan mahasiswa Ilmu Komunikasi, jadi inilah yang kami tuju untuk study tour kami.

Bangunan kampusnya luas dan asri, begitu sampai disana suasana tenang terasa ketika berada di kampus ini gak tau emang seperti ini biasanya suasana kampus ini atau ketika kami datang para mahasiswa sedang libur kuliah. Dalam dari fakultas komunikasi UPM ini, juga luas banget, begitu masuk dan naik ke atas ke ruang auditorium aku berasa lagi ada disekolah-sekolah khas Thailand gitu. Ada suasana berbeda aja begitu masuk kedalam kampus UPM ini .

Kami disambut oleh pihak UPM, dan melakukan berbagai tukar informasi antara kampus kami dengan UPM, juga melakukan sesi tanya-jawab antar pihak rombongan kampus kami dan kampus UPM . Setelah selesai, ada snack buat mengisi kelaparan sejenak sebelum melanjutkan tour kami melihat-lihat bagaimana kampus UPM ini.

 

img_20170109_155817

Beginilah wujud penampakan luar kampus UPM, aku sih masih berasa aja ada  scene dari film Thailand. Cuma, panas tetap aja bikin sumpek, karena enjoy ngeliat bangunan-bangunan dari kampus UPM ini aku jadi lupa gimana panas waktu sore itu.

Mulai lah kami diajak berkeliling  ke radio milik UPM ini, semacam radio kampus, UPM juga punya radionya sendiri yaitu “Putra FM”, jadi tahu gimana bentuk stasiun radio kampus. Karena aku sendiri belum pernah masuk ke radio kampus, padahal kampus ku juga punya sebenarnya cuma aku aja yang malas berkunjung (mahasiswa apa ini emo27)

 

 

Selesai tahu gimana, dalamnya stasiun radio kampus UPM, kami juga diajak ngelihat-lihat Museum Seninya UPM. Ini dia bagian yag paling aku suka, berkunjung ke museum. Karena aku suka mengetahui gimana sejarah budaya orang lain. Mumpung berkunjung ke Malaysia ga lengkap juga rasanya ga tahu gimana sejarah negaranya meskipun cuma Seni.

img_20170109_155904

Dibikin “Wisata Seni” karena museum di UPM ini cuma menyediakan barang-barang sejarah seni dari Malaysia.

20170109_160344

Museum UPM ini terletak agak jauh dari gedung fakultas Komunikasi, dan berada didalam “Sanggar Bahasa Dan Komunikasi” .

Ada sebuah pendopo besar sebelum menuju kedalam Museum, lalu didepan museum juga ada beberapa keterangan tentag benda-benda apa saja yang ada didalam museum.

20170109_160610

Welcome to “Muzium Warisan Melayu”

Berbagai keterangan tentang sejarah Busana dan Tekstil Melayu dapat kita lihat disini. Darisini kita bisa tahu asal mula Tekstil dan Busana Melayu.

Suka banget liat baju wanita Melayu, anggun-anggun gimana gitu.. hehe 😀

20170109_162113

Ini adalah tekstil khas Melayu yang tadi udah ada penjelasannya . Warna kain dan coraknya cantik-cantik dan unik. Paling suka liat motif kecil-kecil di kain. Selain baju dan kain, disini juga diperlihatkan gimana busana adat untuk anak-anak.

20170109_161059

 

20170109_160955 20170109_160748

Selain ada pakaian adat khas Malaysia, disini juga ada kain-kain dan beberapa hiasan  seperti bantal, kipas, dll. Selesai ngeliat bagian busana, aku mulai masuk ke bagian selanjutnya di bagian literatur, cuma sayang aku ga ada ngambil gambarnya ketika disana.

20170109_161158

 

Ini  adalah salah satu patung peraga dari seorang yang sedang membuat manuskrip atau literatur dalam tulisan arab, cuma gambar peraga ini yang sempat aku ambil karena terlalu sibuk dengan hal lain.. hehe 😀 ..Selanjutnya ada kumpulan senjata-senjata khas Malaysia, seperti keris, lela rentaka, dll.

20170109_161656 20170109_161613 20170109_161556 20170109_161536 20170109_161353 20170109_161416 20170109_161304

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah selain ada senjata-senjata, di museum ini juga menghadirkan sejarah dan patung peraga untuk memperlihatkan pada pengunjung bagaimana senjata-senjata itu dipakai.

20170109_16133320170109_161735  20170109_161726

Si mbak tour guide museum pun memperlihatkan gimana cara kita tahu kalau ada keris yang asli atau enggak, dan si mbak ngelakuin semacam atraksi kecil-kecilan dengan ngecoba ngedirikan keris secara vertikal.

20170109_161613

 

Beralih dari senjata, bagi para penyuka piring motif-motif atau corak pasti suka banget ke bagian museum ini. Karena dibagian ini aku mau nunjukin peralatan sehari-hari dari rumah tangga orang-orang Malaysia jaman dulu. Disini ada bermacam piring dengan motif yang indah, lalu ada sendok-sendok. Favoritku ngeliat sendok-sendok teh sama piring dengan motif bunga-bunga.

20170109_162511 20170109_162436 20170109_162403 20170109_162605 20170109_162345 20170109_162419

Ada lagi yang narik perhatian ku, sebuah kotak lumayan besar, mirip peti harta karunnya bajak laut, tapi warna-warni.

20170109_162659

 

Bicara soal bajak laut dan petinya, gak boleh lepas dari yang namanya PETA! Bukan peta punya si Dora Explorer ya, tapi ini ada peta-peta yang menggambarkan Malaysia di dunia.

20170109_162144 20170109_162258 20170109_161920

Terkagum dan suka banget ngeliat peta-peta ini, apalagi aku penggemar peta dunia model oldschool gini.

 

Tour dalam museum pun selesai, lumayan banyak tahu tentang budaya dan sejarah Malaysia setelah berkunjung ke museum di UPM, meskipun kurang ngeliat banyak benda bersejarah lainnya, tapi puas banget bisa ngunjungi museum yang ada di Malaysia. Karena selain jalan-jalan tujuan ku buat jalan-jalan memang buat ngunjungi museum yang ada di negara / kota yang sedang kukunjungi .

20170109_162802

20170109_162933 20170109_163118

Pemandangan sore hari dikampus UPM yang asri bikin aku gak berhenti ngambil gambar gimana suasana kampus UPM yang dipenuhi pepohonan, sepi, dan jalanan bebas dari sampah. Belum lagi cuaca sore hari udah gak seterik ketika siang, jadi mau ngambil gambar pemandangan sekitar juga seneng aja.

img_20170109_160022 img_20170109_155952 img_20170109_155929

 

Hari pun mulai gelap ketika kami beralih dari kampus UPM menuju ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Bus kami singgah di tempat makan bernama “Restoran Nasi Padang” di Kampung Baru-Malaysia, hahaha.. jauh-jauh dari Medan ke Kuala Lumpur ending makannya di “Rumah Makan Padang” juga 😀 . Ya tapi karena perut juga lapar, dan banyak anggota rombongan study tour yang lidahnya belum bisa menyesuaikan dengan masakan Malaysia.. kami kembali ke masakan Indonesia sebentar.

20170109_184229

Malam di Malaysia terasa agak lambat, gak segelap ketika berada di Indonesia padahal waktu juga udah menunjukkan hampir jam sembilan malam.

 

20170109_184223 20170109_184240 20170109_184308 20170109_190759 20170109_190432

Ketika berada di bus juga, kalau ada pemandangan menarik seperti angkutan umum di Malaysia ini aku bakal ambil gambar. Ini adalah bus rapidKL, mirip dengan transjakarta atau mebidang. Kalau naik rapidKL lebih terjangkau daripada taksi, asal kita tahu rute dan halte mana yang mau kita tuju dan jangan lupa tahu kemana bus rapidKL yang kita mau naiki ke tujuan kita. Perjalanan untuk hari pertama pun berakhir, kami check-in hotel di daerah Bukit Bintang. YY38 tempat kami menginap selama di KL, hotelnya bagus dan bersih, bagi yang hanya membutuhkan tempat untuk sekedar beristirahat setelah seharian berkeliling Malaysia. Hotel ini bisa jadi salah satu tempat menginap. Lokasi hotel kami juga lumayan strategis, karena dekat dengan mini market dan tempat makan halal.

20170111_071207

Belum selesai sampai di sini masih banyak yang mau kushare tentang perjalanan study tour kami di Kuala Lumpur-Malaysia. Tapi disambung lain kali dulu, soalnya drama Om Goblin udah nunggu buat di tonton. Bye..Bye! 🙂

20170109_162824

 

Regards, KimsKimi.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s